Langsung ke konten utama

Searching for the Best in Humans

Di malam yang sudah mulai terserang kantuk ini, hati mendadak ingin sekali merenungkan satu ayat yang arif di kalangan banyak orang.

Ayat yang saya maksud adalah ayat terakhir surah al-Baqarah, yang di dalamnya mengandung jumlah: "laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha".

Maknanya adalah, "Allah tidak membebani seseorang KECUALI sesuai kemampuannya".

Manusia itu menarik.

Semakin banyak saya bertemu manusia, semakin banyak saya melihat harapan dan gagasan di mata mereka. Juga beban di bahu mereka.

Setiap dari manusia adalah entitas unik, perpaduan dari dosa dan pahala yang saling berperang.

Di tengah peperangan dosa dan pahala itu, Allah menitipkan bagi setiap mereka akal untuk membedakan baik dan buruk, serta kapasitas untuk menjadi bekal melanjutkan hidup.

Kapasitas itu berbeda-beda. Itulah mengapa ujian hidup setiap manusia juga berbeda... Sebagaimana tertuang dalam ayat tadi.

Di titik ini saya semakin yakin ketika mendengar nasehat para ulama bahwa "Allah hanya menilai manusia dari ketakwaannya". Takwa... Hal yang tak kasat mata...

Bukan hal yang kasat mata seperti halnya nilai-nilai materil. Yakni kapasitas yang telah Ia titipkan kepada setiap manusia itu.

Allah tidak menilai manusia dari jenjang pendidikan formalnya, dari jabatannya di tempat kerja, dari latar belakang keturunannya, atau mungkin dari banyaknya harta yang telah ia kumpulkan...

Pada dasarnya, semua kapasitas itu hanyalah ALAT bagi TUJUAN ketakwaan itu sendiri. Maka, yang Allah nilai adalah bagaimana setiap manusia memanfaatkan kapasitas yang ia punya untuk tunduk, patuh memenuhi segala aturan wahyu-Nya: spiritual maupun non-spiritual.

Maka, ketika saya membaca kitab Nizhamul Islam tulisan seorang syaikh dari Palestina, saya betul-betul merasa tercerahkan dalam hidup ini. Beliau menulis pada bab pertama kitab tersebut,

"Yanhadhul insanu bi maa indahu min fikrih..."

Maknanya, "Kebangkitan manusia terletak dari dalam pemikirannya (yakni pemahamannya terhadap Islam)".

Mengapa Islam? Karena hanya Islam lah agama sekaligus ideologi yang tidak malu memberikan batasan jelas antara haq (kebenaran) dan batil di dunia ini.

Maka, saya agak tidak setuju jika manusia menilai manusia lain semata dari tingkat pendidikan formalnya, garis keturunannya, hartanya, dan nilai-nilai materil sejenisnya sebagaimana standar Kapitalisme.

Allah Maha Adil. Allah tidak salah ketika memberikan kesempatan kepada seseorang untuk mencapai gelar S3, sementara di sisi lain ada orang diberikan kesempatan untuk tamat SD saja.

Yang lulusan SD itu, bukan berarti ia menjadi bodoh dan terhinakan. Yang lulusan S3 pun tidak serta-merta menjadi lebih cerdas.

Manusia tidak seharusnya dinilai dari itu.

Tapi dari seberapa kuatnya ia berusaha melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Yang berarti sebagai sesama manusia, kita tidak tahu berapa banyaknya orang lain dalam bertakwa.

Yang berarti kita tidak boleh menge-judge orang lain...

kecuali jika kemaksiatan yang ia lakukan sudah menjadi terang-terangan.

Maka, berusaha menenangkan dan melembutkan hati untuk banyak memahami orang lain adalah kebaikan diri yang harus dipupuk... meskipun sulit.


.


Saya diberi Allah kesempatan untuk bisa lulus S1. Moga-moga Allah bisa memberi saya kesempatan untuk menilik jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi.

Satu hal yang selalu saya nasehatkan kepada diri sendiri adalah jangan menjadi sombong dan jumawa terhadap orang yang mungkin tidak Allah kasih kesempatan yang sama.

Mengapa?

Karena sekalinya manusia jumawa, ia akan sulit memperoleh ilmu. Dan padahal, pada orang-orang yang mengenyam pendidikan formal lebih rendah itu pun ada ilmu juga yang harus kita pelajari sebagai ibrah.

Saya selalu menggigit lidah dari mengatakan - ketika seseorang berperilaku buruk - "Ah, itu pasti karena tingkat pendidikan (formal)-nya!"

Akhlak, menurut kitab Nizhamul Islam tersebut pada bab terakhirnya, juga merupakan buah dari pemikiran yang yakin dalam menerapkan syariat Islam.

Ketika kita santun dan berusaha memahami rekan kerja, semata-mata karena perintah Allah untuk berbuat baik kepada manusia. Atau itsar (mendahulukan orang lain). Dan sebagainya.

Di sisi lain, ketika kita zalim dan sewenang-wenang terhadap rekan kerja, pastinya itu juga sudah melanggar syariat Allah.

Jadi ya itu, kuncinya ada pada pemikiran ketakwaan terhadap Allah... Bukan semata tingkat pendidikan formilnya.

Maka, tak heran jika ada orang yang tingkat pendidikan formilnya tinggi, tapi malah menindas orang lain... Misal dengan mengkorupsi uang perusahaan, melecehkan bawahan seperti kasus di salah satu kementerian yang terkenal itu, dan lain-lain.

Dan maka juga, yang kedua, kita tidak bisa asal menge-judge orang tersebut, karena kita tidak akan pernah tahu tingkat ketakwaannya di hadapan Allah. Itu hanya Allah saja yang tahu... Kecuali yang memang sudah dzahir (kasat mata) seperti kasus-kasus tadi. 

Maka yang terakhir, sebagaimana manusia selalu berperang antara dosa dan pahalanya di dalam diri, melembutkan hati guna menerima kesalahan orang juga menjadi skill yang sangat berharga untuk dimiliki. "Mungkin kali ini dia khilaf". Jika kesalahannya bukan maksiat besar yang harus mendapatkan hukuman... Maka maafkan dan rangkul mereka untuk berjalan bersama-sama di jalan takwa. Terutama jika mereka juga sama-sama perempuannya seperti kita.

Karena katanya, manusia adalah Khalifah fil ardh kan?


Wallahu a'lam bis shawab.


.


Bumi, 19 November 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dear Husband, Everywhere is A Dying City

I understand why overthinking is a bad habit, not just a psychological issue, sometimes it can even lead to sins — lots of them. But we live in a dying city, although just like in everywhere else. It's so tiring to see such a fast-paced world. No rest, no emotion, people race to reach higher places... Although how high is high enough? I don't know. I'm dreaming of a simple and unsophisticated life. Anyway in the surah Quraish, a blessed person has enough to eat and is safe against fear. No Ferrari, no 4-storey house, no Gucci... Just a simple meal and protection. And yes, that's true... How much can you eat before your stomach exploded?  We don't need a lot... We just need simple things... الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ (4) But today, even food and security is a privilege, so are housing, clothing, healthcare, and education. Indeed, we live in a crossroad of ideologies. This world — that's dying — has developed Capitalism to its finest. ...

Membedah Baqa' dalam Diri

Manusia fitrahnya memang dilengkapi dengan naluri-naluri ( gharaiz ( plural ), gharizah ( singular )). Yang pertama ada naluri ingin menyembah sesuatu ( gharizah tadayyun ), kemudian naluri ingin mencintai ( gharizah nau' ), dan terakhir naluri mempertahankan diri ( baqa' ). Bagi orang yang pernah membaca kitab ulama kontemporer, Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani pasti aware  dengan naluri alamiah manusia ini. Mempunyai naluri itu tidak dosa, karena mau bagaimana lagi? Itu sudah karakter alami manusia. Jadi, pahala dan dosa hanya berlaku dalam konteks bagaimana cara manusia memuaskan naluri itu, dengan cara-cara yang halal kah atau haram? Sepertinya dalam analisis saya terhadap diri sendiri, naluri saya yang paling dominan adalah baqa' . Ego saya sangat keras dan tinggi, dan jika tidak didudukkan saya tahu saya sangat berpotensi membuat dosa karena hal itu suatu hari nanti. Kemudian akhir-akhir ini saya kembali berada di persimpangan jalan dimana gharizah baqa'  saya tersent...

MONOLOGUE DISCUSSION #1: Apakah Usulan Pelaksanaan Sistem Ekonomi Islam Intoleran?

  (video lebih lengkap ada di Instagram / Tiktok @kucingmasjid_) Rekan-rekan pasti pernah mendengar tentang sistem ekonomi Islam ya? Mungkin secara umum ataupun secara detail… Jadi, beberapa tahun terakhir ini saya mulai memiliki ketertarikan mempelajari sistem ekonomi Islam; membaca buku-buku ekonomi Islam, ikut webinar, atau bahkan diskusi dua arah dengan orang-orang yang lebih mafhum. Terbesit di dalam benak saya tuh… wah masya Allah ya sistem ekonomi Islam ini itu super daebak, wanbyokhae , ajib yang pasti bakal membawa maslahat kalau bisa direalisasikan. Tapi sembari itu, dalam benak saya perang pemikiran langsung was wus was wus , ibarat melakukan diskusi tapi ‘monolog’ dengan sudut hati saya yang ingin meng- counter attack ideasi pelaksanaan sistem ekonomi Islam itu sendiri di era yang katanya ‘modern’ ini, sambil juga otak saya mereka ulang opini banyak orang di sekitar saya yang merasa sistem ekonomi Islam tersebut terlalu utopis untuk saat ini. Namun, benarkah de...